Busana Pernikahan Muslim

Sama seperti memilih gaun pernikahan modern, memilih busana pengantin muslim juga memiliki kerumitan tersendiri. Bahkan, bisa dibilang lebih kompleks karena terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian agar tidak menyalahi aturan aturan islami.

Ragam pilihan busana pengantin muslim memiliki beberapa pilihan dasar, yakni berupa kebaya, gamis, maupun bentukan kaftan. Sesuaikan bentukan dasar tersebut dengan usia, bentuk, dan tinggi badan. Misalnya, bagi yang berusia muda, pilihlah kebaya yang panjangnya tidak melebihi pinggul dengan aksen bordir yang sederhana. Istilahnya, mewah tapi tetap anggun.

 

Pemilihan bahan : Untuk pemilihan bahannya bisa berupa lace atau brokat yang dilapisi sifon. Namun, bagi yang ingin tampil glamor, bisa juga menggunakan kebaya sepanjang lutut atau mencapai mata kaki layaknya gaun, bagi mereka yang memiliki proporsi tubuh jangkung. Untuk bagian kerah, bisa menggunakan kerah cheongsam dan lengannya berpotongan lonceng agar terlihat feminin.

 

Pemilihan warna : Warna netral, seperti keemasan, broken white atau warna-warna lainnya, akan mempermudah anda untuk menyesuaikan busana ini dengan perhiasan lain yang mungkin akan anda kenakan. Pilihlah warna netral yang disesuaikan dengan warna kulit Anda. Warna kebaya yang lembut cocok untuk dikenakan pada siang hari. Sebaliknya warna yang lebih terang atau cenderung gelap cocok untuk dikenakan dalam acara pada malam hari.

Sebagai aksen pemanis, beri sedikit payet-payet pada seluruh kebaya yang tersebar secara merata. Lapisi bahan brokat dengan bahan tisu tersebut agar tubuh Anda yang cenderung kurus bisa tampak berisi. Agar lebih menarik lagi, padukan setelan tersebut dengan sarung dan selendang bercorak mencolok untuk menyamarkan tubuh.

Mereka yang ingin menikah dengan menggunakan gamis modifikasi atau kaftan, sebaiknya memilih yang materialnya mewah. Pun dengan detail bordirnya. Usahakan menggunakan gamis dengan motif embroidery yang mewah. Alternatif lainnya, gunakan french lace sebagai hiasan agar tampilan terlihat lebih feminin. Pilih yang bentukan gaunnya melebar ala princess sehingga terlihat bervolume dan elegan.

 

Untuk bertubuh tinggi kurus : Anda bisa memanfaatkan bahan brokat untuk dibuat kebaya panjang di atas lutut dengan kerah sabrina yang dapat menutupi tulang di bagian leher. Atau Anda juga dapat memilih model kebaya yang berleher agak rendah dan berbentuk U, dengan panjang kebaya cukup sampai di tengah paha atau di atas lutut (jangan terlalu panjang). Sebagai aksen pemanis, beri sedikit payet-payet pada seluruh kebaya yang tersebar secara merata. Lapisi bahan brokat dengan bahan tissu tersebut agar tubuh Anda yang cenderung kurus bisa tampak berisi. Agar lebih menarik lagi, padukan setelan tersebut dengan sarung dan selendang bercorak mencolok untuk menyamarkan tubuh, sehingga sekali lagi dapat membantu Anda untuk tampak lebih berisi.

 

Untuk yang bertubuh mungil: Sebaiknya hindari busana yang terlalu bertumpuk, longgar dan berwarna gelap. Cobalah pilih gaya berbusana dengan model yang simpel seperti : blus tunik berbahan thai silk dengan hiasan bordir dan paduan celana panjang berpipa lurus (jangan terlalu lebar karena Anda tergolong bertubuh pendek) dengan warna dan bahan yang sama dengan blusnya. Dengan kulit yang kuning langsat, Anda dapat mengenakan warna-warna bernuansa pastel atau warna-warna solid seperti : biru tosca, ungu, fuchsia, merah maroon, orange atau juga hijau terang.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: